Data Pengunjung

SELAMAT DATANG

Google Maps - IMDA Handicraft

Selamat datanf di lapak MAKRIFATBUSINESS untuk order bisa melalui marketipace Shopee Tokopedia Bukalapak Lazada dengan nama lapak makrifatbusiness atau order via WA 08123489038 email : imronpribadi1972@gmail.com

Cari Disini

Translate

Daftar ISI Produk


Senin, 18 Agustus 2014

Gelang Biji Rotan Herbal Natural Alami Model Bulat Ukuran 10 mm by : IMDA Handicraft Kerajinan Khas desa TUTUL Jember

Gelang Biji Rotan Herbal Natural Alami Model Bulat Ukuran 10 mm , Persembahan team MAKRIFAT BUSINESS Sentral Galeri Kerajinan Seni Acecories Souvenir Handicraft Manik Manik Asli Khas Sajian Produk Unggulan Desa TUTUL Balung Jember Jawa Timur,  ini kami jual dengan harga :
Rp. 50,000,- / satuan
Rp. 40,000,- / satuan minimal 10 pcs
Rp. 35,000,- / satuan minimal 20 pcs
(harga belum termasuk ongkos kirim)
KODE PRODUK : GBRHNA10




Berikut ini adalah foto produk yang kami tawarkan dan untuk melihat foto satu persatu silahkan pelajari gambar di bawah ini dengan menggeser pada scroll yang tersendia.











Untuk melihat program, promo, potongan harga bagi reseller serta tata cara pemesanan hingga indentitas, nomor telephone serta nomor rekening resmi dari management Makrifat Business anda dapat mempelajari dibawah ini.


IMDA Handicraft dan team MAKRIFAT BUSINESS  mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala desa TUTUL ibu H. Juana, masyarakt desa TUTUL, Bapak camat, Deperindag, Bupati, Gubenur Jawa Timur serta menakertrans bapak Muhaimin Iskandar.  Dimana semuanya ini yang telah mendukung eksistensi usaha kami. Serta semua pihak yang telah mengunjungi dan silaturrahmi ke website maupun rumah produksi kami.

Setelah mengingat dan menimbang dari segala sesuatunya, serta rasa kepedulian kami secara Pribadi kepada bangsa, Negara dan agama untuk turut berpartisipasi aktif dalam proses pembentukan masyarakat Indonesia yang kreatif, inovatif serta memiliki ketrampilan diri yang bernilai jual tinggi. Hingga terbentuknya budaya masyarakat kreatif baik yang berada di desa maupun perkotaan. Dimana yang pada akhirnya setiap keluarga individu mampu menciptakan lapangan kerja minimal bagi dirinya sendiri dan keluarganya dengan membentuk rumah galeri, rumah distro, rumah kreatif, rumah seni dll macam modelnya.

Mengingat banyaknya permintaan kerjasama dalam pengembangan ekonomi kreatif, masyarakat kreatif, pembentukan rumah galeri serta training pembuatan berbagai kerajinan handicraft serta tehnik pemasaran baik skala lokal maupun international. Maka bersama ini kami membuka peluang untuk pelatihan pembuatan tasbih, kalung, gelang, cincin, seni ukir, tehnik dan pemasaran online - offline sebagai berikut :

A.  PAKET BASIC DAN PENGETAHUAN HANDICRAFT
Dalam paket basic dan pengetahuan handicraft, kami akan memberikan semua dasar dasar tehnik dan metode pembuatan segala handicraft khas desa TUTUL yang meliputi paket paket sebagai berikut :

  1.  Proses pembuatan “BUTIRAN TASBIH DAN GELANG ” dan pengenalan pembuatan    peralatan  tasbih secara tradisional dan manual selama 3 bulan   Rp. 2,000,000,-
  2.  Proses pembuatan “KALUNG TULANG DAN DESAIN” dan pengenalan pembuatan 
  3.  peralatan  tasbih secara tradisional dan manual selama manual selama 3 bulan atau sampai bisa  Rp. 2,000,000,- Proses pembuatan “CINCIN KAYU DAN GELANG” dan pengenalan pembuatan peralatan  tasbih secara tradisional dan manual selama manual selama 3 bulan  Rp. 2,000,000,-
  4. Proses pembuatan “SENI UKIR TONGKAT” dan pengenalan pembuatan peralatan tasbih secara tradisional dan manual selama manual selama 3 bulan   Rp. 2,000,000,-


B.   PAKET MAHIR DAN PENGETAHUAN HANDICRAFT
Dalam paket mahir dan pengetahuan handicraft, kami akan memberikan seluruh system, metode, tehnik pewarnaan, naturalisasi power full hingga finishing layak jual secara online dan offline serta semua peralatan dan cara pembuatannya dengan paket sebagai berikut :


  1. Proses pembuatan “BUTIRAN TASBIH DAN GELANG ” Selama 6 bulan atau sampai mahir  Rp. 5,000,000,-
  2. Proses pembuatan “KALUNG TULANG DAN DESAIN” dan  Selama 6 bulan atau sampai mahir  Rp. 5,000,000,-
  3. Proses pembuatan “CINCIN KAYU DAN GELANG” Selama 6 bulan atau sampai mahir  Rp. 5,000,000,-
  4. Proses pembuatan “SENI UKIR TONGKAT” Selama 6 bulan atau sampai mahir  Rp. 5,000,000,-


C.  PAKET PEMASARAN ONLINE – OFFLINE ala MAKRIFAT BUSINESS
Dalam paket tehnik pemasaran secara online – offline ini semua peserta didik nantinya akan memiliki conseptual skill pengetahuan dan ketrampilan tehnik pemasaran segala produk baik secara online maupun offline dengan tehnik metode pembelajaran ‘learning by doing’ yaitu praktek langsung pembuatan website, blog, dan tehnik pemasaran secara prkatice. Dalam paket ini kami menawarkan beberapa kategori sebagai berikut  :


  1. Paket pembuatan toko online dan  include reseller  ala makrifat business selama 2 bulan Rp. 2,000,000,-
  2. Paket pembuatan dan pemilikan toko online dan gallery offline ala Makrifat business  include reseller  selama 3 bulan  Rp. 3,500,000,-
  3. Paket Mahir tehnik marketing online, pembuatan pemilikan toko online, gallery offline  ala Makrifat business  include reseller selama 6 bulan atau sampai bisa  Rp. 5,500,000,-


D.  PAKET KARYAWAN DAN TENAGA KERJA
Dalam paket karyawan dan tenaga kerja, kami membuka peluang bagi pria ,wanita, tua dan muda dengan menawarkan beberapa kategori sebagai berikut  :


  1. Membuka lowongan kerja berlaku untuk seluruh Indonesia yang memiliki ketrampilan dalam bidang membuat berbagai kerajinan tangan seperti tasbih, kalung, cincin, seni ukir, seni pahat, batik, sablon, sabuk, tas, tukang gergaji, dll
  2. Mendapatkan gaji, asuransi Jamsostek, rumah kost dan alat masak.



E.   PAKET PELATIHAN BAGI ANAK YATIM PIATU DAN TIDAK MAMPU
Dalam paket pelatihan ini kami khususkan kepada anak anak yatim piatu dan orang tidak mampu , kami membuka peluang bagi pria ,wanita, tua dan muda dengan menawarkan beberapa kategori sebagai berikut  :


  1. Membuka lowongan kerja berlaku untuk seluruh Indonesia bagi anak yatim piatu dan orang tidak mampu untuk didik menjadi tenaga kerja dalam bidang pembuatan handicraft.
  2. Semua peserta harus membawa surat bukti keterangan anak yatim piatu atau orang tidak mampu dari desa masing masing dan sekaligus surat penjamin dari kepala desa / kelurahan.
  3. Bagi anak yatim piatu yang masih usia sekolah SMP atau SMA kami akan membiaya seluruh biaya pendidikan ( seragam, SPP, makan dan tempat tinggal walau sangat sederhana) dalam hal ini kami akan bekerja sama dengan dinas pendidikan terkait.
  4. Mendapatkan gaji, asuransi Jamsostek, rumah kost dan alat masak.




  1. Semua peserta didik dalam mengikuti program pelatihan “learning by doing ala makfifat business “ beberapa ketentuan sebagai berikut  :
  2. Peserta pria dan wanita tanpa mengenal batas usia, pendidikan, suku, agama, budaya dll
  3. Bagi peserta luar kota diharapkan cost di rumah rumah penduduk sekitar desa Tutul atau bertempat di rumah teman, saudara dll, mohon maaf karena kami masih belum memiliki asrama.
  4. Bagi peserta didik luar kota diharapkan membawa perlengkapan akomadasi sendiri sendiri dan keperluan hidup selama pelatihan sesuai kebutuhannya masing masing.
  5. Diharapkan bagi semua peserta pemasaran online offline,bahwa sanya rumah kami sudah di lengkapi dengan WIFI dan lebih diharapkan masing masing peserta membawa laptop/notebook sendiri sendiri.
  6. Untuk tutor atau pembimbing akan kami tangani secara langsung dan di tunjang kerjasama dengan lembaga terkait.



Eksistensi IMDA Handicraft dan Makrifat Business online offline, dalam hal ini berupaya untuk menuju program jangka panjang kami yaitu demi terbentuknya hal hal sebagai berikut :

  1. Terbentuknya individu kreatif mandiri serta memiliki nilai jual
  2. Terbentuknya masyarakat kreatif dan inovatif yang tidak terngantung pada pemerintahnya
  3. Terbentuknya desa TUTUL menjadi desa Produktif yang GO International
  4. Terbentuknya rumah galeri, rumah distro, rumah seni, rumah kreatif, rumah handicraft dll secara Nasional.
  5. Terbentuknya masyarakat yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya dan keluarganya serta orang lain.


Untuk semua peserta didik setelah mengikuti paket pelatihan ini, nantinya setelah pulang di desa asal masing masing diharapkan mampu melakukan hal hal sebagai berikut :

  1. Menciptakan lapangan usaha bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya.
  2. Bagi pemula atau yang sudah mahir nantinya  dapat menjadi down line, reseller, suplayer, mitrak kerja dari IMDA Handicraft Makrifat Business
  3. Bagi semua alumni pelatihan nantinya juga bisa menjadi cabang di kota masing masing dari IMDA Handicraft dan makrifat Business, dan akan kami berikan surat ijin cabang di kota asal masing masing.

Kami dari team IMDA Handicraft dan makrifat business online offline juga menerima dukungan, saran, kritik, joint, afiliasi, investasi, serta binaan baik dari instansi pemerintah maupun swasta yang memiliki rasa peduli social tinggi untuk mengembangkan  demi terciptanya masyarakat Indonesia yang kreatif dan tidak selalu mengantungkan hidupnya pada pemerintah.

JENIS PRODUK INI MELAYANI HARGA AGEN, GROSIR, ECERAN DAN UNTUK HARGA PRESELLER TETAP DAN TERDAFTAR SEBAGAI TEAM MARKETTING AKAN MENDAPATKAN PROFIT MARGIN 30% (syarat dan ketentuan berlaku) .

KAMI ADALAH EXCELLENCE SERVICE BERJALAN YANG SELALU SIAP MELAYANI  ANDA, BERAPAPUN ORDERAN ADALAH SEBUAH KEHORMAT DAN PENGHARGAAN TERSENDIRI BAGI KAMI.

MAKRIFAT BUSINESS dengan didukung rumah produksi IMDA Handicraft melayani kerjasama dalam bentuk tender, kontrak, makloon, jasa pembuatan, service perbaikan untuk pembuatan Tasbih Kalung  Cincin,  Keris,   Tongkat,  AcecoriesPipa RokokSabuk,  Peralatan Dapur,   Seni Ukir,  Antik unik,  Kerajinan Kayu Jember,  Kerajinan KaokahKerajinan Kayu Agarwood Cendana,  Kerajinan Kayu Sandalwood CendanaKerajinan Tulang  dan berbagai macam  segala kerajinan tangan yang terbuat dari kayu tulang, resin, perak, alpaka, batu dll


 "CARA PEMESANAN" 
Ketik SMS kirim ke salah satu nomor :   08123489038, 081338634218, 087850191949, 
0336623385, 08887172648, 08563444896, 089677851072 dengan cara :
KODE PRODUK+HARGA: NAMA: ALAMAT: NOMOR TELEPHONE
CONTOH :
TKNP3315+Rp. 400,000,-: ALI MANSYUR: Jl. Jendral Sudirman Gg. IV No. 232 Jakarta Pusat: 08123456789

Setelah SMS anda masuk, anda akan menerima balasan tentang ketersediaan stock, jika stock ada maka anda akan mendapat instruksi untuk transfer, setelah transfer mohon SMS balik bukti transfer atau hanya pemberitahuan saja. Maka pesanan anda akan segera kami proses.


                                  KEDAI ART SHOP SENTRAL GALERI MINI HANDICRAFT KHAS DESA TUTUL
 "MAKRIFAT BUSINES" 
SAAT INI MASIH DI BUKA DI RUMAH TEMPAT TINGGAL KAMI DESA TUTUL BALUNG JEMBER JAWA TIMUR, TERIMA KASIH DARI PELANGGAN YANG SUDAH PERNAH SILATURRAHMI KE TEMPAT TINGGAL KAMI SEPERTI PELANGGAN DARI KOREO, THAILAND, KOTA JAKARTA, BANDUNG, BALI, SURABAYA Dll
Alamat Galeri :
imdahandicraft.com




Please CALL  Me :
M Imron Pribadi
Ida Giawati
Please CALL  Me :
M Imron Pribadi
Ida Giawati
PIN BB www.makrifatbusiness.net : 76A94EE3
PIN BB www.imdahandicraft.com  : 7D3DC189
Whatsapp : 081338634218
Whatsapp : 087850191949
Line ID : makrifatbusiness.net
Line ID : imdahandicraft.com
Wechat ID : makrifatbusiness
Wechat ID : imronpribadi
KakaoTolk ID : imdahandicraft
KakaoTolk ID : makrifatbusiness

 08123489038, 081338634218, 087850191949, 
0336623385, 08887172648, 08563444896, 089677851072
m.imron@windowslive.com
Dusun Krajan RT :003 RW : 008 Desa TUTULkecamatan Balung 
Kabupaten Jember JAWA TIMUR -INDONESIA code pos 68161
Alamat Korespondensi  : PERUM Griya Mangli Blok DH No. JEMBER  
phone 0331 - 427571
Bank Danamon AC : 81557894  Atas nama : Mohammad Imron  Cabang : Jember
Bank BNI Cabang Jember  AN : Mohammad Imron  AC :023.049.1494
Bank MANDIRI  Cabang Jember AN : M IMRON AC :14-100-11-00-7010
Bank BCA Cabang JEMBER AN. M IMRON,SH No024.365.1082
Bank BRI Cabang Jember AN. M IMRON AC :000-60-103-181-0509

033662338508887172648, 083853273837 , 089677851072
m.imron@windowslive.comDusun Krajan RT :003 RW : 008 Desa TUTULkecamatan Balung 
Kabupaten Jember JAWA TIMUR -INDONESIA code pos 68161
Alamat Korespondensi  : PERUM Griya Mangli Blok DH No. JEMBER  
phone 0331 - 427571


 GARANSI KEASLIAN DARI MANAGEMENT MAKRIFAT BUSINESS DAN IMDA HANDICRAFT TENTANG BAHAN BAKU PRODUK INI BENAR BENAR  TERBUAT DARI  BIJI ROTAN INI ADALAH   BERLAKU 
 JIKA TERNYATA BARANG TIDAK ASLI   MAKA SELAMANYA BISA DI RETUR DAN UANG KEMBALI 100%

sumber artikel foto dan galery :
                                                         www.imdahandicraft.com




Untuk melihat dan mempelajari terkait dengan artikel produkanda dapat menyimak tulisan di bawah ini.


Sumber artikel : http://tnrawku.wordpress.com

Dalam artikel ini penulis telah menjelaskan tentang seputar biji rotan secara gamblang. Artikel ini kami kutip dari sebuah website http://tnrawku.wordpress.com  dengan membca artikel ini diharapkan oleh team www.makrifatbusiness.net anda dapat memahami tentang tumbuhan herbal alami khas alam Indonesia salah satunya biji rotan. Dalam kesempatan kali ini kami menyajikan biji rotan sebagai bahan baku acecories yang unik dan etnik, dimana jenis acecories ini banyak diminati oleh orang orang Tionghoa. Maka sebagian besar market kami adalah negara Cina
Buah rotan di TNRAW
Buah rotan di TNRAW
Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai memiliki beragam kekayaan hayati jenis palem-paleman. Hasil penelitian Sabilu (1999) menyatakan bahwa setidaknya TNRAW dihuni oleh 30 jenis palm yang diklasifikasikan ke dalam 15 marga. Diantara palm tersebut, 11 diantaranya merupakan jenis endemik Sulawesi. Jenis palem yang memiliki populasi cukup melimpah di kawasan yang berstatus situs RAMSAR ini salah satu diantaranya adalah jenis Rotan (Calamus inops). Rotan (Calamus inops) merupakan salah satu flora yang menjadi daya tarik wisata pendidikan Hutan Pendidikan Tatangge. Baru berjalan sekitar 30 meter saja ke dalam kawasan, seorang pengunjung dapat menikmati dari dekat tumbuhan menjalar ini di kiri dan kanan track wisata Tatangge. Meskipun masih berupa anakan, rotan bisa dikenali dengan mudah dan dibedakan dari jenis tumbuhan lain karena memiliki duri dan daun yang khas. Untuk mendapatkan rotan-rotan yang lebih besar, pengunjung hanya perlu berjalan lebih dalam lagi masuk ke kawasan hutan pendidikan. Kurang dari 100 meter, pengunjung dapat menjumpai rotan ukuran dewasa yang cukup lebat dari pinggir track yang mereka lalui.
Sistem Klasifikasi Tumbuhan
Rotan (Calamus inops BECC) dalam sistem klasifikasi tumbuhan termasuk family Palmae, Kelas Monocotyl, Sub Divisi Angiospermae dan Divisi Spermathophyta (Anthophyta). Tumbuhan ini dikenal pula dengan nama Tohiti, namun sebutan rotan telah umum digunakan oleh masyarakat tradisional di berbagai daerah. Penyebaran rotan cukup luas meliputi 5 pulau besar di Indonesia.
Morfologi dan Fisiologi
Rotan muda di Hutdik Tatangge
Rotan muda di Hutdik Tatangge
Membedakan rotan dari jenis yang lain tidak terlalu sulit, namun membedakan antar jenis rotan bukan perkara yang mudah. Saat masih anakan, morfologi yang ditampilkan masing-masing spesies rotan relatif mirip, sehingga terkadang 2 rotan diidentifikasi memiliki jenis yang sama padahal keduanya berbeda. Perbedaan ciri fisik baru tampak jelas setelah rotan menginjak umur dewasa. Apalagi setelah rotan mulai berbuah, identifikasi jenis lebih mudah lagi dilakukan. Identifikasi rotan dapat dilakukan dengan melihat morfologi daun, gerigi pada daun, pola sebaran daun, pola sebaran duri, warna duri, batang, bunga dan buah.
Calamus inops dapat dikenali dengan melihat ciri-ciri tersebut. Rotan jenis ini memiliki garis tengah sekitar 15 mm, dengan buku-buku yang menonjol. Panjang ruas 20 sampai dengan 35 cm. permukaannya kuning mengkilat dengan gelang-gelang bertanda kelam tajam melingkari buku-bukunya. Inti rotan berwarna kuning gading. Jenis ini liat, bingkas, agak keras, tetapi tidak begitu mudah dibelah-belah dan merupakan salah satu contoh rotan yang diperdagangkan (Heyne, 1987).
Populasi Rotan (Calamus inops) di Hutan Pendidikan Tatangge
Ada beberapa jenis rotan hidup di kawasan Hutan Pendidikan Tatangge, namun rotan jenis Calamus inopsmerupakan jenis yang paling dominan di daerah ini. Tumbuhan ini tersebar di beberapa tempat membentuk rumpun-rumpun. Satu rumpun rotan biasanya terdiri atas beberapa kelas umur, jumlah terbesar berupa anakan yang tumbuh di bawah-bawah rumpun dan sebagian kecil sisanya sudah dewasa. Di dekat lokasi perkemahan, seorang pengunjung bahkan dapat menemukan rotan inops dengan ketinggian lebih dari 20 meter.
Rumpun rotan di TNRAW
Rumpun rotan di TNRAW
Apabila pengunjung mencoba keluar dari track wisata dan masuk ke dalam lebatnya hutan, mereka pun dapat menjumpai rumpun-rumpun rotan tumbuh liar dengan suburnya. Jika beruntung, seorang pengunjung bahkan dapat menemukan rotan yang umurnya cukup tua dan dapat melihat buahnya yang unik. Ukuran buah sebesar kelereng dan menggerombol pada satu tangkai buah. Tidak seperti buah-buah pada umumnya, buah rotan memiliki kulit yang sangat keras dan morfologi kulitnya seperti sisik pada tanaman salak.
Fase Pertumbuhan Rotan (Calamus inops)
Saat masih anakan, rotan inops tumbuh soliter dengan karakteristik fisik yang mirip dengan kelapa atau aren. Hanya saja tangkai daunnya lebih kecil. Warnai tangkai hijau muda dan ditumbuhi duri-duri yang relatif masih jarang. Inti rotan yang menjadi batang utama belum terbentuk, hanya daun-daun yang muncul dari pangkal rotan menjulur ke segala arah. Ketinggian anakan ini kurang dari 1 meter.
Setelah agak dewasa, timbul perubahan fisik organ-organ yang dimiliki. Warna daun menjadi agak hijau tua, dengan tangkai yang memanjang. Kemudian rotan membentuk rumpun dengan tumbuhnya beberapa anakan baru dari pangkal batang. Di tengah-tengah rumpun muncul batang inti yang dapat tumbuh memanjang dengan cepat. Batang inilah yang nantinya dipanen ketika rotan telah cukup umur. Dalam satu rumpun bisa tumbuh beberapa batang inti. Di Hutan Pendidikan Tetangge dapat dijumpai pada salah satu rumpun ada yang memiliki batang inti hingga mencapai lebih dari 20 batang tiap rumpunnya.
Duri-duri yang tumbuh di batang dan daun juga mengalami perubahan fisik. Semakin tua umur rotan, duri yang tumbuh semakin rapat. Ukurannya pun menjadi lebih besar dan warnanya menjadi lebih gelap. Apabila dicermati dengan seksama, pola duri yang tumbuh pada daun dan batang ternyata berbeda. Pada batang, duri mengelompok hingga mencapai 10 duri tiap kelompoknya dengan formasi duri menjari. Sebaran kelompok duri ini agak teratur membentuk ruas-ruas pada batang. Sedangkan duri pada daun lebih jarang dimana tiap kelompoknya terdiri atas 1, 2 atau 3 duri. Pada pangkal daun duri cukup rapat, namun makin ke ujung formasinya makin jarang.
Pada rotan yang sudah tua, batang inti tumbuh merambat pada pohon yang tumbuh di sekitarnya. Pohon inang ini berfungsi untuk menunjang pertumbuhan memanjang rotan sehingga rotan dapat memperoleh lebih banyak sinar matahari. Pertumbuhan memanjang terus berlangsung hingga mencapai ketinggian lebih dari 20 meter, sedangkan pertambahan ukuran diameter tetap terjadi meskipun kurang signifikan. Tingkat kedewasaan rotan juga ditandai dengan tumbuhnya buah pada batang.
Pemanfaatan Rotan (Calamus inops)
Rotan yang tumbuh di Hutan Pendidikan Tatangge saat ini hanya difungsikan sebagai obyek penelitian dan wisata pendidikan, sehingga tidak diperkenankan melakukan penebangan di kawasan tersebut. Hal ini terkait fungsi pokok hutan pendidikan sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan dan kepariwisataan. Pengunjung akan diajak untuk mengenal lebih dekat karakteristik rotan dan keunikan yang dimilikinya. Flora ini pernah menjadi obyek penelitian kalangan akademisi, baik dosen maupun mahasiswa, seperti dilakukan beberapa civitas akademika Universitas Haluoleo beberapa waktu berselang.
Pemanfaatan tradisional dilakukan masyarakat terhadap populasi rotan yang tidak menyandang status dilindungi/ tidak berada di dalam kawasan konservasi. Rotan diolah menjadi berbagai barang kerajinan rakyat seperti kursi, meja, topi, keranjang dan aneka souvenir. Di beberapa tempat, rotan dibelah tipis-tipis dan dianyam menjadi tikar. Produk ini sangat diminati oleh masyarakat terutama para pecinta barang antik. Apalagi jika anyamannya dikerjakan dengan halus, nilai jualnya jauh meningkat lagi. Anyaman tikar rotan terlihat terpasang di beberapa ventilasi perkantoran Kota Kendari sebagai penahan panas saat matahari mulai condong. Masyarakat yang memanfaatkan produk ini bahkan jumlahnya lebih banyak lagi. Meja dan kursi dari rotan sudah menjadi trend masyarakat masa kini dimanapun, tak pernah mengenal ketinggalan zaman.
Patut disayangkan pengambilan rotan dari alam tidak diimbangi oleh keterampilan para pencari rotan dalam mengolah tumbuhan ini menjadi barang jadi yang siap jual. Para pencari rotan biasanya menjual rotan pada para pengumpul dalam bentuk bahan mentah. Lalu para pengumpul menjual kembali bahan mentah ini pada para pengrajin rotan di daerah lain atau dikirim ke Jawa. Padahal dalam bentuk barang jadi nilainya jauh lebih tinggi dari pada harga jual yang dipatok para pencari rotan. Sebagai gambaran, setidaknya harga tikar halus terbuat dari rotan di Kota Kendari ditawarkan dengan harga Rp 75.000,00 tiap lembarnya, bahkan umumnya lebih dari itu. Sehingga pihak yang paling diuntungkan dari pemanfaatan rotan ini sebenarnya bukan masyarakat pengambil rotan, tetapi justru para pedagang pengumpul dan pengrajin rotan.
Budidaya Rotan
Masyarakat penyangga TNRAW sampai saat ini masih belum tertarik dengan upaya budidaya secara intensif. Mengingat potensi rotan di daratan Sulawesi masih tinggi, metode pengambilan tanpa budidaya intensif masih dianggap paling murah dari pada melakukan budidaya sendiri di lahan pertanian. Namun untuk jangka panjang budidaya rotan merupakan satu-satunya pilihan ketika jumlah rotan yang tumbuh secara alami mulai menipis dan nilai rotan meningkat dengan adanya kelangkaan.
Budidaya rotan memanfaatkan biji sebagai bibit yang siap tanam. Biji-biji rotan ditanam dengan jarak tanam 10 cm pada persemaian khusus. Lalu persemaian disiram dengan air hingga benar-benar basah lalu ditutupi renggang-renggang dengan daun. Persemaian harus diusahakan tetap dalam kondisi basah. Setelah tunasnya timbul 4 cm di atas tanah maka penutupnya dibuang, tetapi persemaian tetap disiram secara teratur.
Setelah berumur 1 tahun, rotan dapat mencapai ketinggian 15 cm dengan 4-5 helai daun. Bibit diambil dengan hati-hati dan dipindahkan ke lahan yang disediakan untuk budidaya. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus, hanya perlu dilakukan pembersihan tanah di sekitarnya dan sedikit penggemburan jika lahannya mulai memadat. Setelah melewati umur 8 tahun, rotan sudah bisa dipanen. Pemanenan dilakukan dengan mengambil rotan-rotan yang telah tua dari rumpunnya, sedangkan yang masih muda dibiarkan tumbuh. Pemanenan dapat dilakukan terus menerus ketika dijumpai rotan yang siap panen, demikian seterusnya.

Bahan Bacaan :
Heyne, 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia.
Sabilu, 1999. Flora Palmae di TN Rawa Aopa Watumohai Sultra. Tesis IPB. Bogor



    BERSAMBUNG ........ 

    berbagai artikel




    Anda juga bisa mengunjungi link sajian produk kami yang lainnya di bawah ini :

    Sajian dalam website ini adalah merupakan sub produk dari www.makrifatbusiness.net online offline handicraft khas desa Tutul Jember Jawa Timur Indonesia yang di produksi oleh rumah produksi IMDA Handicraft 

     salam 
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 Tanggapan:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Gelang Biji Rotan Herbal Natural Alami Model Bulat Ukuran 10 mm by : IMDA Handicraft Kerajinan Khas desa TUTUL Jember Rating: 5 Reviewed By: M Imron Pribadi